5 Fakta Menarik Karawang Dijuluki sebagai Kota Industri, Gaji UMR Tertinggi?

5 Fakta Menarik Karawang Dijuluki sebagai Kota Industri, Gaji UMR Tertinggi?

Fakta menarik Karawang Kota Industri--picture by ekonomi.bisnis.com

Inilah fakta menarik yang harus kamu ketahui tentang Karawang. Awalnya Karawang dijuluki sebagai Kota Padi kerena tanah pertanian yang luas dan banyak menghasilkan beras. 

Seiring berjalannya waktu, kini Karawang juga dikenal dengan sebutan Kota Industri. Seperti yang kita ketahui bahwa di Karawang banyak tersebar pabrik. 

Pegawainya pun beraneka ragam. Ada yang warga lokal, bahkan pendatang baru. Melalui sebutan kota Industri ini Karawang banyak dilirik oleh semua orang. 

Bahkan orang-orang dari luar kota pun memiliki impian untuk bisa kerja di Karawang. Lantas, apa saja hal yang menarik dari Karawang sebagai Kota Industri? Yuk temukan jawabannya di bawah ini. 

BACA JUGA:Jadi Kado Terbaik HUT ke-391, Karawang Raih Juara Umum Invitasi Olahraga Tradisional Tingkat Jabar 2024

Fakta Menarik Karawang sebagai Kota Industri

Karawang, yang terletak di Jawa Barat, dikenal sebagai kota industri terbesar di Indonesia. Berikut adalah beberapa fakta menarik yang menjelaskan mengapa Karawang mendapatkan julukan ini:

1. Transformasi dari Lumbung Padi ke Kawasan Industri

Dahulu, Karawang dikenal sebagai lumbung padi terbesar di Jawa Barat. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, daerah ini telah bertransformasi menjadi kawasan industri yang maju, dengan banyak pabrik dan perusahaan yang berdiri di atas lahan yang luas.

2. Luas Kawasan Industri

Hingga tahun 2018, terdapat sekitar 13.756 hektar lahan yang dialokasikan sebagai kawasan industri di Karawang. Ini menunjukkan betapa signifikan dan luasnya area yang didedikasikan untuk kegiatan industri.

3. Gaji UMR Tertinggi

Karawang memiliki Upah Minimum Regional (UMR) yang tertinggi di Indonesia, menarik banyak pekerja dari berbagai daerah untuk mencari nafkah di sini. Hal ini juga mencerminkan daya tarik industri yang ada di kota ini.

BACA JUGA:Keren, Universitas Singaperbangsa Karawang Boyong 3 Penghargaan Internasional

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: