Penuhi Nutri Si Kecil, Yuk Ketahui 4 Pilar Gizi Seimbang Menurut Kemenkes RI!

Penuhi Nutri Si Kecil, Yuk Ketahui 4 Pilar Gizi Seimbang Menurut Kemenkes RI!

4 Pilar Makanan Seimbang Menurut Kemenkes RI-(Pixabay/Pexels)-

 

Pilar kedua adalah menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Ini bertujuan untuk mencegah Si Kecil dari paparan kuman yang dapat menyebabkan infeksi. Jika Si Kecil terpapar kuman, mereka mungkin memerlukan lebih banyak zat gizi.

 

Sakit dapat mengurangi nafsu makan, membuat tubuh lemas, dan mengganggu keseimbangan gizi. Kuman sering muncul akibat kebiasaan hidup yang tidak bersih, seperti malas mencuci tangan.

 

Untuk memastikan Si Kecil mendapatkan gizi yang seimbang, Moms perlu menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

 

Cukup ajarkan Si Kecil untuk mencuci tangan dengan sabun dan air sebelum makan, serta jaga kebersihan rumah dengan rutin membersihkan area sekitar.

 

3. Pentingnya Pola Hidup Aktif dan Berolahraga

 

Pilar ketiga untuk mendukung asupan gizi seimbang adalah hidup aktif dan rutin berolahraga. Aktivitas fisik membantu Si Kecil menyerap zat gizi dari makanan dengan lebih baik. Kebutuhan gizi mereka akan terus terpenuhi jika diajarkan untuk hidup aktif.

 

 Olahraga juga memberikan banyak manfaat kesehatan, seperti meningkatkan metabolisme dan menyeimbangkan fungsi tubuh. Oleh karena itu, jangan biarkan anak menjadi malas bergerak. Batasi waktu bermain gadget dan hindari kecanduan pada ponsel.

 

Moms dan Dads perlu memberikan contoh dengan melakukan aktivitas fisik sederhana, seperti berjalan kaki atau bersepeda. Melihat orangtua berolahraga dapat memotivasi Si Kecil untuk ikut serta. Libatkan juga Si Kecil dalam memilih aktivitas fisik yang mereka sukai agar mereka lebih antusias.

 

4. Menjaga Berat Badan Ideal

 

Pilar terakhir adalah menjaga berat badan ideal. Pada orang dewasa, indikator gizi seimbang terlihat dari berat badan yang normal sesuai tinggi badan.

 

Namun, untuk anak-anak, berat badan ideal ditentukan berdasarkan usia. Untuk mencapai berat badan ideal, Moms perlu memastikan Si Kecil mengonsumsi makanan sehat dan bergizi setiap hari.

Indeks massa tubuh yang ideal juga dapat menjadi indikator gizi seimbang. Beberapa cara untuk menjaga berat badan Si Kecil tetap ideal adalah dengan berolahraga secara teratur, mendapatkan cukup tidur, dan mengonsumsi makanan bergizi seimbang setiap hari.**

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: