Sedang Menentukan Pilihan Antara Kacamata dan Softlens, Ini Perbedaan Keduanya

Sabtu 14-09-2024,10:07 WIB
Reporter : Cindy
Editor : Cindy

4. Keleluasaan Beraktivitas

Softlens

  - Softlens sangat cocok digunakan untuk aktivitas fisik seperti olahraga, karena tidak mudah bergeser atau jatuh seperti kacamata.

  - Namun, softlens juga membutuhkan perawatan ekstra dan tidak boleh digunakan saat berenang tanpa pelindung mata karena bisa meningkatkan risiko infeksi. Softlens juga tidak boleh digunakan jika kamu akan tidur karena dapat membuat softlens menjadi kering dan membuat mata menjadi iritasi.

Kacamata

  - Kacamata bisa mengganggu saat beraktivitas fisik karena mudah tergeser, jatuh, atau rusak.

  - Kacamata tidak memerlukan perawatan yang intens seperti softlens, hanya perlu dibersihkan secara berkala.

  - Namun, kacamata bisa membuat aktivitas di luar ruangan terganggu, seperti berembun saat hujan atau berpindah dari tempat dingin ke hangat.

5. Biaya dan Perawatan

Softlens

  - Memerlukan perawatan harian yang lebih intensif, seperti membersihkan dan menyimpan dalam cairan khusus. Pengguna harus menjaga kebersihan agar tidak terjadi infeksi mata.

  - Biaya softlens mungkin lebih mahal dalam jangka panjang, terutama jika menggunakan lensa sekali pakai harian.

Kacamata

  - Tidak memerlukan perawatan yang terlalu rumit selain membersihkan lensa secara berkala. Berbeda dengan softlens yang harus melakukan perawatan baik sebelum ataupun sesudah pemakaian.

  - Umumnya, kacamata memiliki umur yang lebih lama dan bisa digunakan selama bertahun-tahun tanpa penggantian, kecuali jika ada perubahan resep atau kacamata rusak.

Kategori :