1.600 Polisi RW Bakal Disebar Untuk Jaga Keamanan di Bandung

1.600 Polisi RW Bakal Disebar Untuk Jaga Keamanan di Bandung

Polisi RW siap hadir menjaga keamanan Kota Bandung. (Foto: Humas Polda Jabar)--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Polisi RW yang diinisiasi Polri sudah diluncurkan di Kota Bandung pada Kamis, 11 Mei 2023 lalu. Sebanyak 1.600 Polisi RW siap berkolaborasi menjaga keamanan dan ketertiban di Kota Bandung.

Hadirnya Polisi RW tersebut mendapat sambutan hangat para Ketua RW di Kota Bandung.

"Tentunya kita apresiasi adanya Polisi RW di Kota Bandung ini. Membantu memudahkan kinerja RW dalam Kamtibnas.

BACA JUGA:Hercules Dampingi Sang Adik di Sidang Suap Mahkamah Agung di PN Bandung

" ujar Ketua Forum RW Kota Bandung, Lily Maulana usai menghadiri peluncuran Polisi RW oleh Polda Jabar di Depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Selasa (15/5/2023).

Menurut Lily, adanya Polisi RW bakal mempermudah dan mempercepat koordinasi.

"Jumlah RW di Kota Bandung ini 1.594, koordinasi lebih cepat tanggap," jelasnya.

BACA JUGA:Study Tour SMAN 3 Bandung Habiskan Dana Rp 2 Miliar

Sementara itu, Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan Polri, Komjen Fadil Imran mengatakan, terbentuknya Polisi RW untuk mempersempit ruang gerak kriminal.

"Jika ada kejadian langsung terlapor, di monitor juga. Cepat bergerak dalam penindakan," kata Fadil.

Menurut mantan Kapolda Metro Jaya itu, program ini menempatkan personil polisi dari berbagai fungsi di setiap RW. Hal itu untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban dalam rangka pelayanan kepada masyarakat.

BACA JUGA:Temuan BPK RI Harus Segera Ditindaklanjuti Oleh Pemprov Jabar, Nilainya Puluhan Miliar

Kapolresta Bandung, Kombes Pol Kusworo Wibowo mengatakan, keberadaan Polisi RW ini diharapkan dapat membantu permasalahan di tengah masyarakat.

Dia menambahkan, dengan adanya Polisi RW, masyarakat bisa bertemu petugas lebih mudah dan persoalan pun dapat ditangani secara lebih cepat.

"Ibarat api, api akan lebih mudah dipadamkan ketika masih kecil, begitu pula dengan permasalahan sosial, permasalahan masyarakat akan lebih mudah dipadamkan," ujar Kusworo.

BACA JUGA:Jadi Temuan BPK , LKPD Jabar Kelebihan Bayar Capai Rp9,24 Miliar!

Kusworo menyampaikan, dengan adanya Polisi RW diharapkan dapat menjaga situasi keamanan di Kabupaten Bandung semakin kondusif. "Saat ini ada 750 personel polisi.

Satu personel bisa meng-cover sementara dua sampai tiga RW," jelasnya. "Bahkan ada yang lima RW, bagi yang rumahnya memang di situ dan berdekatan," ucap Kusworo.

 

 Dia menjelaskan, Polisi RW nantinya akan dikoordinasikan oleh Bhabinkamtibmas yang bertugas di desa atau kelurahan. "Bhabinkamtibmas sudah mengetahui tokoh masyarakat, tokoh agama di desanya, sehingga Polisi RW bisa menyentuh terlebih dahulu, ke para tokoh-tokoh tersebut," pungkasnya.***




Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: