Puluhan Warga Kampung Cisarai Purwakarta Keracunan Makanan Usai Santap Hidangan Acara Hajatan

Puluhan Warga Kampung Cisarai Purwakarta Keracunan Makanan Usai Santap Hidangan Acara Hajatan

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika saat memberi keterangan terkait kondisi dan penanganan yang dilakukan kepada para korban terduga keracuanan, Selasa (16/5/2023) malam--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Puluhan warga Kampung Cisarai, Desa Sukajadi, Pondoksalam, Purwakarta, Jawa Barat, mengalam gejala keracunan makanan usai menyantap hidangan diacara hajatan.

Dari laporan yang dihimpun diketahui jumlah warga keracunan baik ringan dan berat hampir 100 orang. Mereka merasakan gejala keracunan pada Selasa sore (16/5).

Deni mengatakan sebanyak 99 orang di Kampung Cisarai mengalami gejala keracunan, dengan rincian, 67 orang mengalami gejala ringan dan 32 orang mengalami gejala berat.

BACA JUGA:Sering Absen Agenda Penting Partai, Plt Wali Kota Jadi Sorotan DPD PDI Jabar

Berdasarkan laporan dari Tim TGC Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta diperoleh keterangan bahwa telah terjadi bencana dugaan keracunan yang terjadi pada hari Selasa tanggal 16 Mei 2023 sekitar pukul 15.00 WIB di Desa Sukajadi, Kecamatan Pondoksalam.

“Kejadian tersebut mengakibatkan korban keracunan sebanyak 99 orang yang dengan gejala ringan sebanyak 67 orang dan gejala berat 32 orang,” ujar Kadinkes Purwakarta, Deni Darmawan kepada awak media.

BACA JUGA:Kereen, Dua Pelajar SMKN 5 Juara KATA dalam Seleksi O2SN Tingkat Kota Bekasi

Sejumlah tindakan terhadap para korban telah dilaksanakan diantaranya dengan pemeriksaan TTV, pemberian obat symptomatis, rujukan kasus dan penanganan korban, sebanyak 67 orang rawat jalan di Puskesmas atau Posko Kesehatan Desa dan dirujuk ke RSBA sebanyak 32 orang.

Adapun rinciannya sebanyak 67 orang yang mengalami gejala keracunan itu menjalani rawat jalan di Puskesmas atau Posko Kesehatan Desa dan 32 orang dirujuk ke Rumah Sakit Bayu Asih Purwakarta.

BACA JUGA:Hari Ketiga, Pencarian Dirno yang Hilang Saat Mencari Cacing Sutra di Tepian Kali Bekasi Masih Nihil

Sementara itu, informasi dari sejumlah warga korban gejala keracunan menyebutkan sebelumnya mereka menyantap hidangan saat hajatan.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika memastikan puluhan korban keracunan di Kampung Cisarai, Desa Sukajadi, Kecamatan Pondoksalam itu mendapatkan pelayanan terbaik di sejumlah fasilitas kesehatan yang dimiliki Pemkab Purwakarta.

BACA JUGA:Pertanyakan Integritas Penyelenggara Pemilu, Puluhan Mahasiswa Segel Kantor KPU Kota Bekasi

Bupati Anne tiba di Rumah Sakit Bayu Asih sekitar pukul 20.00 WIB dan langsung meninjau para korban dugaan keracunan di ruangan Instalasi Gawat Darurat (IGD).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: