Usung Kidara, DPMD Juara Favorit di Fas ellehion Show Batik Bekasi

Usung Kidara, DPMD Juara Favorit di Fas ellehion Show Batik Bekasi

--

CIKARANG SELATAN - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi menjadi juara favorit pada ajang Fashion Show Batik Bekasi yang diselenggarakan dalam rangka Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-76 Tingkat Jawa Barat di Cikarang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi, Rahmat Atong mengaku bersyukur atas prestasi yang diraihnya pada event ini. Menurutnya menjadi faporit di event ini berkat kerja keras dan kekompakan tim.

Ia menjelaskan pada event ini pihaknya tampil dengan mengusung kreasi batik khas bumi swatantra wibawamukti yang diberinama Kidara alias ‘Kimono Dani Ramdan’.

“DPMD Kabupaten Bekasi menampilkan busana yang terinspirasi dari kimono dan arti gepyak dalam Bahasa Bekasi yang berarti teliti serta cermat. Kita mencoba berkaca dari sosok pemimpin Bekasi yang saat ini menjabat sekaligus sebagai bentuk persahabatan mewakili beberapa negara asing yang saat ini tinggal di Kabupaten Bekasi,” tutur Rahmat, Jum'at (28/7), malam.

BACA JUGA:Karang Taruna Cikarang Selatan Gaungkan Cinta Sepakbola Usia Dini, 50 Tim Adu Skill

Dia berharap Batik Bekasi dapat semakin dikenal. Apalagi corak dan kualitasnya tidak kalah dengan daerah lain, sekaligus bisa disesuaikan dengan mode yang beraneka ragam. “Harapannya tentu saja UMKM Batik di Kabupaten Bekasi dapat terus berkembang,” bilangnya l.

Sebelumnya, sejumlah aparatur sipil negara (ASN) Kabupaten Bekasi mendadak tampil sebagai peragawan dan peragawati. Peragawan dan peragawati dadakan itu tampil di atas catwalk dengan mengenakan batik di acara Fashion Show Batik Bekasi di Central Park Meikarta, Kecamatan Cikarang Selatan, Jum’at (28/07).

Para ASN yang tampil di cat walk mewakili perangkat daerah masing-masing. Ajang tersebut disaksikan langsung Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan dan sang istri Ria Sabaria. Seolah tak ingin ketinggalan, pasangan ini pun ikut tampil di catwalk bersama para ASN lainnya dengan mengenakan busana batik bekasi yang diberinama Chandrabraga karya fashion designer kondang Nuniek Mawardi.

BACA JUGA:PKS Menyapa, Jalal dan Abduh Ajak Kader Sambut Kemenangan dengan Hati Bahagia

“Fashion Show ini untuk memeriahkan Hari Koperasi ke-76 Jawa Barat sekaligus kita ingin mengangkat citra Batik Bekasi. Setelah kita lombakan antar perangkat daerah, ternyata banyak design Batik Bekasi yang keren-keren,” kata Dani Ramdan.

Dani yakin melalui event tersebut, Batik Bekasi semakin naik kelas dan berkualitas. Tidak hanya mampu menggairahkan sektor UMKM batik dan desainer, event tersebut juga diyakini menjadi titik awal kebangkitan ekonomi kreatif di wilayahnya.

“Karena untuk lomba ini satu perangkat daerah itu bisa menghabiskan 6 potong kain. Artinya ada ratusan kain yang dibelanjakan oleh mereka dan mudah-mudahan ini jadi meomentum kebangkitan pera pengrajin batik dan desainer-desgner di Kabupaten Bekasi,” ungkapnya.

BACA JUGA:Sarat Nilai Sejarah dan Budaya, Pulau Penyengat Resmi Jadi Bagian dari 75 Desa Wisata Terbaik Indonesia

Pemkab Bekasi, sambungnya, terus mendorong Batik Bekasi agar bisa tetap eksis dan berkembang. Event serupa diharapkan bisa menjadi agenda tahunan untuk mengangkat para pengrajin UMKM sektor ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: