Sarat Nilai Sejarah dan Budaya, Pulau Penyengat Resmi Jadi Bagian dari 75 Desa Wisata Terbaik Indonesia

Sarat Nilai Sejarah dan Budaya, Pulau Penyengat Resmi Jadi Bagian dari 75 Desa Wisata Terbaik Indonesia

Wajah Baru Pulau Penyengat, di Tanjungpinang, Kepulauan Riau setelah dilakukan revitalisasi --

TANJUNGPINANG,DISWAY.ID - Pulau Penyengat di Kota Tanjung Pinang, Provinsi Kepulauan Riau, jadi bagian dari 75 Desa Wisata Terbaikan Indonesia termasuk salah satu desa wisata yang masuk dalam penilaian Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk mendapatkan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI). 

Pulau Penyengat dinobatkan dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2023 langsung oleh Menparekraf RI Sandiaga Uno didampingi Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad dan Walikota Tanjungpinang Hj. Rahma di Balai Adat Pulau Penyengat, Sabtu (29/7).

Menteri Sandiaga Uno dalam kesempatan itu menyebutkan bahwa Pulau Penyengat dijadikan sebagai desa wisata terbaik, mengingat Pulau Penyengat adalah pusat Kerajaan Riau-Lingga pada abad ke-18. 

BACA JUGA:Melihat Wajah Baru Pulau Penyengat Pusat Wisata Religi di Tanjung Pinang

Pulau Penyengat menjadi pusat perkembangan budaya Melayu baik dalam khazanah ilmu keagamaan maupun kesusastraan.

“Pulau Penyengat menjadi sebuah desa wisata yang sangat sarat dengan nilai sejarah dan kebudayaan, saya ingin mengucapkan selamat untuk Pulau Penyengat dan mendukung Pulau Penyengat menjadi pusat studi budaya Melayu,” kata Sandiaga.

Diketahui bahwa kunjungan Menteri Parisiwata ke Pulau Penyengat dalah yang kedua kalinya setelah ia sempat menyambangi Pulau Penyengat pada Januari 2022 lalu. Ia mengaku berbagai fasilitas di Pulau Penyengat sudah jauh lebih baik dari kunjungannya yang terakhir.

BACA JUGA:Curhat Pilu Ibu yang Anaknya Dituduh Maling Helm dan Dianiaya Oknum TNI di Ruang SPKT Polres Tanjung Pinang

“Sekarang saya datang lagi kesini melihat ada banyak peningkatan sarana dan prasarana, tentu ini berkat kolaborasi yang baik antar pemerintah daerah dan Kemenparekraf senantiasa memberikan dukungan,” katanya.

Gubernur Ansar Ahmad berharap Pulau Penyengat sebagai salah satu desa wisata yang nantinya memperoleh penghargaan ADWI dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 

"Pulau Penyengat saat ini sedang kita tata dan benahi agar jadi destinasi yang menawan di mata wisatawan asing dan domestik," kata Gubernur Ansar kepada Menteri Sandiaga Uno.

BACA JUGA:Jempol Abang Jadi Ajang Pelestarian Budaya di Bantargebang Kota Bekasi

Dikatakan bahwa Pulau Penyengat ini masih membutuhkan banyak sentuhan untuk menjadi destinasi wisata berkelas yang bisa menarik wisatawan, 

"Pemerintah Provinsi Kepri  komitmen untuk terus merevitalisasi Penyengat hingga tuntas,” kata Gubernur Ansar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: