Gebrak Kali Cikeas Kerahkan 200 Volunteer dengan Target 2 Ton Sampah

Gebrak Kali Cikeas Kerahkan 200 Volunteer dengan Target 2 Ton Sampah

Lurah Jatirangga Ahmad Apandi bersama Kepala UPTD LH Jatisampurna saat final rapat persiapan Gebrak Kali Cikeas yang akan digelar Sabtu 12 Agustus 2023--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Rencana Gebrak (Gerak Bersama Komunitas) sudah matang untuk melakukan bersih-besih sampai di Kali Cikeas wilayah Jatirangga, Jatisampurna, Kota Bekasi pada Sabtu 12 Agustus 2023.

Gerakan bersih-bersih Kali Cikeas selain bentuk edukasi juga menyusul wacana dijadikan lokasi tersebut sebagai salah pusat wisata air seperti rafting.

"Persiapan sudah matang akan diikuti 200 peserta volunteer dari berbagai komunitas semua fasilitas pendukung telah ada, seperti karung dan garpu untuk menyerok sampah,"ungkap Ahmad Apandi Lurah Jatirangga, Jatisampurna usai rapat bersama tim dari berbagai komunitas dan RT/RW setempat, Kamis 10 Agustus 2023.

Dikatakan fokus Gebrak Kali Cikeas yang dilaksanakan untuk menyusur Garis Sepadan Sungai (GSS) agar bebas dari sampah plastik atau rumah tangga yang berada di sepadan kali. Giat ini pun jelasnya sebagai edukasi dan upaya penyadaran kepada masyarakat pentingnya untuk tidak membuang sampah sembarangan.

BACA JUGA:Ratusan Orang Dikerahkan Gerak Bersama Komunitas Bersih-bersih Sungai Cikeas di Jatirangga

Menurutnya, Gebrak Kali Cikeas akan dimulai sejak Sabtu pagi dengan diawali upacara bersama di lokasi titik yang akan dibersihkan yakni di lingkungan RW 10 Jatirangga atau lokasi TPS liar.

"Apa yang dilaksanakan melalui Gebrak Kali Cikeas adalah bentuk edukasi pentingnya menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Soal sampah ini adalah budaya atau karakter yang harus terus menerus diberi pemahaman,"papar Apandi.

BACA JUGA:Lurah Jatirangga Ajak Bersih-bersih Sampah di Sungai Cikeas, Ayo Hadir dan Catat Waktunya!

Selanjutnya saat kegiatan Gebrak Kali Cikeas satu orang akan dibekali satu karung dengan ukuran 50 Kilogram. Sehingga targetnya satu orang bisa mengumpulkan sampah di GSS Kali Cikeas 10 Kilogram. 

Terkait deposit sampah di TPS Liar yang di RW 10 jelasnya akan dilakukan pengerukan dengan menggunakan alat berat. Hal itu sesuai dengan hasil koordinasi dengan Dinas LH Kota Bekasi.

BACA JUGA:Susur Sungai Cikeas, Pegiat Lingkungan Kaget Lihat Tumpukan Sampah dan Saluran Limbah di Badan Kali

Untuk itu Lurah Apandi dalam kesempatan itu mengajak seluruh lapisan masyarakat yang peduli akan lingkungan untuk turun bersama mengikuti Gebrak Kali Cikeas. Dampaknya tidak serta merta dari aksi yang dilaksanakan tapi akan dirasakan kelak bagi generasi penerus.

Rapat lintas Komunitas selain dihadiri langsung UPTD LH Jatisampurna, juga diikuti berbagai elemen salah satunya Tim Katak DLH Kota Bekasi, KP2C dan berbagai komunitas lainnya dan pihak pengelola TPS Liar yang akan segera ditutup. ***

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: