Hankook Tire Mengusung Kinerja Manajemen Berkelanjutan

Hankook Tire Mengusung Kinerja Manajemen Berkelanjutan

-ISTIMEWA-

PERUSAHAAN ban global terkemuka Hankook Tire & Technology (Hankook Tire) telah menerbitkan Laporan ESG 2022/23 menyoroti kegiatan keberlanjutan, kinerja, dan strategi jangka menengah dan panjangnya untuk tahun ini.

Berdasarkan sistem visi Environmental, Social, and Governance (ESG) Hankook Tire – “Innovation for a Sustainable Future” – laporan ke-14 sejak 2010 ini memberikan gambaran kinerja perusahaan dalam tiga kategori utama: Eco-Value Chain, Produk Berkelanjutan, dan Responsible Engagement.

Hankook Tire telah meningkatkan upayanya dalam manajemen berkelanjutan, dimulai dengan memperkuat sistem manajemen ESG. Hankook Tire memulai perjalanan ini pada tahun 2009 dengan membentuk organisasi corporate social responsibility (CSR). Diikuti oleh pembentukan Komite Strategi dan Komite Pengarah ESG pada tahun 2010.

BACA JUGA: Viral Rangka Honda Vario dan Beat Patah Rangka Menjadi Cemoohan Netizen di Media Sosial

Dan perkenalan deklarasi E.Circle pada tahun 2018, inisiatif strategis yang berfokus pada penerapan kebijakan karet alam berkelanjutan. Dan mempromosikan sistem ekonomi sirkular yang ramah lingkungan. Pada tahun 2021, ‘ESG Committee’ – badan pembuat keputusan ESG – didirikan dalam Direksi untuk berbagi visi dan kinerja manajemen berkelanjutan dengan karyawan dan lebih memperjelas keterlibatan ESG perusahaan.

Pada Mei 2022, Hankook Tire mengeluarkan piagam tata kelola perusahaan. Yang berfungsi sebagai dasar manajemen keberlanjutan dan mewujudkan komitmen perusahaan terhadap praktik ESG yang transparan dan etis.

Di luar itu, perusahaan mengintensifkan upaya untuk membangun tata kelola yang bertanggung jawab dengan memperkenalkan kode etik untuk direktur independen dan melaksanakan evaluasi secara berkala terhadap operasional Direksi.

BACA JUGA: PepsiCo Dirikan Pabrik Pertama Indonesia di Cikarang, Siap-siap Tenaga Kerja Lokal

Hankook Tire telah memposisikan perusahaannya sebagai yang terdepan dalam membangun Eco-Value Chain dengan mengurangi gas emisi rumah kaca. Hankook Tire telah mengembangkan dan mengintegrasikan strategi respons perubahan iklim yang sistematis, yang dipimpin oleh Komite Perubahan Iklim, ke dalam aktivitas manajemennya.

Selain itu, Hankook Tire melakukan beragam kegiatan pengurangan energi, seperti menerapkan fasilitas berefisiensi tinggi, mengoptimalkan penggunaan energi, dan menggunakan energi terbarukan untuk mengurangi gas emisi rumah kaca.

Untuk membantu memimpin dalam pengelolaan rendah karbon, Hankook Tire memperluas cakupan kegiatannya pada bulan Mei bermitra dengan Kumho Petrochemical Co., Ltd. untuk mengembangkan ban yang menggunakan karet sintetis performa tinggi ramah lingkungan yang disebut Eco-SSBR.

BACA JUGA: RCL Karawang Beri Pelayanan Kecantikan Terjangkau Hingga Membuka Kesempatan Usaha

Hankook Tire juga berkomitmen untuk mengembangkan produk yang lebih ramah lingkungan. Perusahaan berupaya untuk mengurangi dampak lingkungan dari produk tersebut, dari perolehan bahan baku dan manufaktur hingga penggunaan dan pembuangan.

Hankook Tire telah mencapai kemajuan yang signifikan dalam melestarikan sumber daya alam. Dan mengurangi emisi karbon dengan menggali sumber daya yang berkelanjutan. Serta mengembangkan teknologi yang dapat diterapkan dalam fase perencanaan dan perolehan bahan baku.

Selain itu, Hankook Tire secara aktif terlibat dalam membangun rantai pasokan yang berkelanjutan, menerapkan manajemen hak asasi manusia, mendukung kesejahteraan karyawan, dan berkontribusi dalam kegiatan sosial untuk membangun masa depan yang lebih berkelanjutan.

BACA JUGA: Pernuhi Pasar Ekspor dan Domestik, Sharp Resmikan Pabrik AC di Karawang, Investasinya Rp 582 Miliar

Informasi lebih lanjut tentang laporan ESG tersedia di situs web Hankook Tire (https://www.hankooktire.com/global/en/esg/esg-report.html) di bawah menu ESG. Laporan tersedia pada format publikasi online dan juga dapat diunduh sebagai PDF.

Hankook Tire telah dimasukkan ke dalam Dow Jones Sustainability Indices (DJSI) World – kelas tertinggi dalam indeks keberlanjutan paling bergengsi di dunia – dalam tujuh tahun berturut-turut, semakin memperkuat posisi Hankook Tire sebagai perusahaan ESG global terkemuka. (bbs/rie)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber