Dapat Melindungi Kesehatan Otak, Ini 8 Manfaat Ketumbar yang Perlu Diketahui

Dapat Melindungi Kesehatan Otak, Ini 8 Manfaat Ketumbar yang Perlu Diketahui

ilustrasi gambar, Ketumbar (sumber : www.halodoc.com)--

Bahkan, senyawa antioksidan pada ketumbar seperti terpinene, quercetin, dan tokoferol, juga diyakini memiliki beragam manfaat lain. Mulai dari efek antikanker, penambah kekebalan, dan pelindung saraf, menurut penelitian tabung reaksi dan hewan. 

Satu penelitian tabung reaksi menemukan bahwa antioksidan dalam ekstrak biji ketumbar menurunkan peradangan dan memperlambat pertumbuhan sel kanker paru-paru, prostat, payudara, dan usus besar.

BACA JUGA:Nonton Shangri-La Frontier Episode 23 Subtitle Indonesia

3. Bermanfaat untuk Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian pada hewan dan tabung reaksi menunjukkan bahwa ketumbar dapat menurunkan faktor risiko penyakit jantung. Misalnya seperti tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol LDL (jahat). 

Selain itu, ekstrak ketumbar tampaknya bertindak sebagai diuretik, sehingga dapat membantu tubuh membuang kelebihan natrium dan air. Hal ini juga diketahui dapat menurunkan tekanan darah. 

4. Dapat melindungi kesehatan otak

Banyak penyakit otak, termasuk Parkinson, Alzheimer, dan multiple sclerosis, berhubungan dengan peradangan. 

Nah, sifat anti-inflamasi ketumbar diyakini dapat melindungi seseorang dari penyakit ini. Satu studi tikus yang menemukan bahwa ekstrak ketumbar melindungi dari kerusakan sel saraf setelah kejang akibat obat, kemungkinan karena sifat antioksidannya.

BACA JUGA:Nonton Ninja Kamui Episode 6 Subtitle Indonesia

Sementara itu, penelitian lain yang dilakukan pada pada tikus juga mencatat bahwa daun ketumbar meningkatkan daya ingat. Hal ini menunjukkan bahwa tanaman tersebut mungkin memiliki aplikasi untuk penyakit Alzheimer. Kendati demikian, perlu diingat bahwa penelitian manusia masih perlu dilakukan. 

5. Dapat meningkatkan Kesehatan pencernaan dan usus

Minyak yang diekstraksi dari biji ketumbar dapat mempercepat dan meningkatkan pencernaan yang sehat. Nah, studi yang dilakukan selama 8 minggu pada 32 orang dengan sindrom iritasi usus (IBS) menemukan hasil menarik. 

Studi ini menjelaskan bahwa 30 tetes obat herbal yang mengandung ketumbar diminum tiga kali sehari secara signifikan mengurangi berbagai gangguan pencernaan. Mulai dari sakit perut, kembung, dan ketidaknyamanan. Efeknya pun dianggap lebih signifikan dibandingkan obat-obatan plasebo. 

BACA JUGA:Nonton Kamen Rider Gotchard Episode 25 Subtitle Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber