Dapat Melindungi Kesehatan Otak, Ini 8 Manfaat Ketumbar yang Perlu Diketahui

Dapat Melindungi Kesehatan Otak, Ini 8 Manfaat Ketumbar yang Perlu Diketahui

ilustrasi gambar, Ketumbar (sumber : www.halodoc.com)--

Selain itu, ekstrak ketumbar digunakan sebagai perangsang nafsu makan dalam pengobatan tradisional Iran. Satu studi tikus mencatat bahwa itu meningkatkan nafsu makan, dibandingkan dengan tikus kontrol yang diberi air atau tidak sama sekali

6. Dapat melawan infeksi

Ketumbar mengandung beberapa senyawa antimikroba yang dapat membantu melawan infeksi tertentu dan penyakit akibat makanan.Salah satu senyawanya adalah dodecenal, yang dapat melawan bakteri seperti Salmonella, penyebab keracunan makanan serius. 

BACA JUGA:Milky Bun dari Lavanda Brownies Jadi Menu Favorit Baru Buka Puasa Warga Karawang

Selain itu, satu penelitian tabung reaksi mengungkapkan bahwa biji ketumbar adalah salah satu dari beberapa bumbu India yang dapat melawan bakteri penyebab infeksi saluran kemih (ISK). 

7. Bermanfaat untuk Kesehatan Kulit dan Rambut 

Manfaat ketumbar selanjutnya adalah diyakini dapat melindungi kulit dan bermanfaat untuk rambut.  Sebab, biji ketumbar kaya akan vitamin K, C, B bersama dengan antioksidan dan mineral lainnya. 

Nah, antioksidan dalam ekstrak ketumbar diyakini dapat membantu mencegah kerusakan sel yang dapat menyebabkan percepatan penuaan kulit, serta kerusakan kulit akibat radiasi ultraviolet B. 

Selain itu, banyak orang menggunakan jus daun ketumbar untuk kondisi kulit seperti jerawat, pigmentasi, sifat manis mulut, atau kekeringan. Pada rambut, biji ketumbar diyakini dapat meningkatkan pertumbuhan kembali rambut dan menunda rambut beruban prematur.

BACA JUGA:Nonton Bakuage Sentai Boonboomger (2024) Episode 3 Subtitle Indonesia

Meskipun demikian, penelitian dan data ilmiah tentang efektivitas biji ketumbar pada kulit dan rambut masih kurang. Penelitian lebih mendalam terutama pada manusia tentunya masih perlu dilakukan. 

8. Kaya Akan Nutrisi Penting

Ketumbar kaya akan berbagai nutrisi penting, salah satunya vitamin seperti vitamin A, C, dan vitamin K. Vitamin A merupakan nutrisi yang berperan penting dalam kesehatan mata. 

Sebab, vitamin A dapat menjaga kesehatan retina, menjaga kelembapan mata, dan secara umum membantu melindungi penglihatan. 

Ketumbar juga penuh dengan vitamin C, yang penting untuk sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi cukup vitamin C membantu menjaga sel darah putih agar tetap bekerja dan membantu penyerapan zat besi. Vitamin C juga berperan dalam penyembuhan luka dan produksi kolagen, yang membantu menjaga kekencangan kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber