Politisi PSI Soroti Dugaan Mangkraknya Bus Transjakarta di Pinangranti

Politisi PSI Soroti Dugaan Mangkraknya Bus Transjakarta di Pinangranti

BangkainPuluhan bus Transjakarta yang pool Pinang Ranti, Jakarta Timur--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Puluhan bus  Transjakarta  mangkrak di pool Pinang Ranti, Jakarta Timur.

Puluhan bus Transjakarta itu dengan tipe low deck.

Mangkraknya bus transjakarta anggota Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta, Eneng Maliyanasari. Dia meminta dilakukan evaluasi terhadap Dinas Perhubungan dan manajemen Transjakarta.

BACA JUGA:Sumber Daya Melimpah, Bekasi Utara akan Jadi Kabupaten Baru di Jawa Barat

”Dari informasi yang beredar bus-bus tersebut bermerek Scania dan Mercedes Benz yang dibeli tahun 2018, jadi masih relatif baru,” kata Eneng beberapa waktu lalu.

Terpisah Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta Anang Rizkani Noor membantah hal tersebut. Menurutnya saat ini seluruh armada Transjakarta beroperasi sesuai jadwal.

BACA JUGA:6 Rekomendasi Liburan di Subang Kota Nanas, Wisata Alam dan Budaya

Dengan segala keterbatasan dan kendala di operasional, ia menyebut Transjakarta mengatur agar armada tetap berjalan secara bergantian.

“Sehingga sekitar 70 persen beroperasi, sisanya dioperasikan bergantian termasuk untuk perawatan,” kata Anang.

BACA JUGA:Imigrasi Bekasi Punya Pojok Baca untuk Manjakan Pemohon

Jika merujuk pernyataan Eneng, ada dua model bus Transjakarta merek Scania, yakni K310IB 6×2 dan K320IA 6×2.

Scania K310IB 6×2 merupakan bus maxi dengan tiga sumbu roda. Bus ini memiliki kemudahan bermanuver, sehingga cocok digunakan untuk rute perkotaan.

BACA JUGA:Ada 7 Klaster Menjadi Fokus Pengamanan Posko Dishub Jabar

Bus berkapasitas maxi ini memiliki panjang maksimal 13,5 meter dan dibekali berbagai fitur keamanan seperti EBS (electronic braking system), ABS (anti-lock braking system), retarder brake, dan hill-hold guna mencegah kendaraan mundur pada jalan tanjakan.

Bus asal Swedia ini dibekali mesin diesel 9.300 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 310 hp di putaran mesin 1.900 rpm serta torsi puncak 1.550 Nm di 1.000-1.350 rpm. Bahan bakar mesin ini adalah biodiesel B30.

BACA JUGA:Bupati Cellica Bagikan Beasiswa Karawang Cerdas kepada 12.545 Penerima

Sementara itu, Scania K320IA 6×2 merupakan bus gandeng untuk moda angkutan bus kota yang menggunakan standar emisi gas buang Euro 6 dan hemat bahan bakar.

Bus ini memiliki panjang maksimal 18 meter dan dilengkapi sistem standar keamanan EBS dan ABS, serta ramah lingkungan.

BACA JUGA:Pedagang Pasar Kranji Diminta Bersatu, Tidak Terkotak-kotak

Bus dilengkapi mesin berstandar EURO 6 dan berbahan bakar gas, bertenaga 320 hp di putaran mesin 1.900 rpm serta torsi puncak 1.500 Nm di angka 1.000 hingga 1.400 rpm.

Kemudian, bus lain yang jadi sorotan merupakan merek Mercedes-Benz jenis O500U 1726 Diesel Euro 3. Bus ini memiliki panjang hingga 13,5 meter dengan desain lower deck.

BACA JUGA:APPSI Jabar Sarankan Pedagang Pasar Kranji Ambil Langkah Hukum Terkait Revitalisasi

Mesin bus ini menggunakan mesin OM 906 LA EURO 3 Diesel, 6-Silinder Segaris, injeksi langsung dengan turbocharger dan intercooler.

Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 260 hp di putaran mesin 2.200 rpm dan torsi maksimal 950 Nm di angka 1.200-1.600 rpm. ***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: