Pendaftaran Calon Ketua Rukun Warga Pasar Kranji Dibuka, Ini Syarat dan Ketentuannya

Pendaftaran Calon Ketua Rukun Warga Pasar Kranji Dibuka, Ini Syarat dan Ketentuannya

Kepala Unit Pasar Kranji Agus Sudrajat saat gelar musyawarah dengan pedagang terkait pembentukan panitia pemilihan RWP--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Unit Pasar Kranji Baru, Bekasi Barat, Kota Bekasi telah membentuk panitia independen penjajringan dan penyaringan calon Ketua Rukun Warga Pasar (RWP) periode 2023-2026. 

Dalam pembentukan panitia yang melibatkan puluhan perwakilan pedagang eksis pasar Kranji Baru tersebut menyepakati beberapa ketentuan bagi calon ketua dan pemilih salah satunya harus aktif.

"Saat pembentukan sudah disepakati bersama untuk kriteria calon ketua dan pemilih. Semua sepakat bahwa persyaratan mutlak calon ketua harus dari pedagang eksis di pasar Kranji. Begitu pun pemilih harus pedagang aktif yang memiliki kios atau HPTD,"ungkap Agus Sudrajat Kepala Unit Pasar Kranji kepada KBE Sabtu 5 Agustus 2023.

BACA JUGA:Panen Raya Musim Gadu Sukses, Petani Senang Ambu Anne Ikut Optimis Padi MelimpahBACA JUGA:Panen Raya Musim Gadu Sukses, Petani Senang Ambu Anne Ikut Optimis Padi Melimpah

Dikatakan bahwa ketentuan lain adalah pemilih atau yang memiliki hak suara sesuai kesepakatan juga ditetapkan adalah pedagang eksis yang memiliki kios. Meski memiliki kios tapi tidak eksis maka tidak memiliki hak suara.

Begitu pun pedagang aktif yang sistem kontrak di Pasar Kranji, tidak memiliki hak suara atau pun dicalonkan sebagai Ketua.

BACA JUGA:Tolak RJ, Ibu Korban Kekerasan Anak di Tanjung Pinang Kecam Perlakuan Kasar Oknum TNI

"Jadi dari sekitar 1800 jumlah pedagang di pasar Kranji diperkirakan nanti yang memiliki hak pilih sekira 500 orang saja,"ungkap Agus.

Lebih lanjut dikatakan bahwa untuk biaya pemilihan Ketua RWP digelar secara swadaya dari pedagang untuk pedagang. Begitu pun untuk calon ketua yang mendaftar dikatakan sampai saat ini belum ada ketentuan dikenakan besaran administrasinya.

BACA JUGA:Tri Adhianto Janji Tingkatkan Bantuan untuk Penyandang Disabilitas

"Rencananya pelaksanaan pemilihan Ketua RWP Kranji Baru akan digelar aksi Agustus ini. Saat ini masih dirumuskan, untuk calon yang mendaftar. Untuk itu bagi yang berminat segera mendaftar,"ujarnya.

Agus Sudrajat memperkirakan akan muncul 4 calon Ketua RWP yang mendaftar. Hal itu berdasarkan informasi di kalangan pedagang sendiri bahwa ada empat yang telah melakukan persiapan.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: