Tanam 1000 Pohon, Pupuk Kujang Hijaukan Bantaran Sungai Citarum

Tanam 1000 Pohon, Pupuk Kujang Hijaukan Bantaran Sungai Citarum

Pupuk Kujang bersama masyarakat menanam 1000 bibit pohon di bantaran Sungai Citarum. Hal itu dilakukan untuk menghijaukan lahan kritis di bantaran Sungai Citarum di wilayah Karawang, Jawa Barat.--(foto : karawangbekasi.disway.id)

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Pupuk Kujang bersama masyarakat menanam 1000 bibit pohon di bantaran Sungai Citarum. Hal itu dilakukan untuk menghijaukan lahan kritis di bantaran Sungai Citarum di wilayah Karawang, Jawa Barat. 

Penanaman di wilayah Perumahan Bintang Alam, Telukjambe ini menggenapkan program Pupuk Indonesia Green Harmony, suatu upaya penanaman 8.000 bibit pohon secara serentak di berbagai wilayah Indonesia oleh seluru anak perusahaan Pupuk Indonesia. Program itu dilakukan sebagai rangkaian acara hari ulang tahun ke-12 Pupuk Indonesia (Persero). 

Adapun 8000 pohon itu, rinciannya di Aceh, Pupuk Iskandar Muda (1000 pohon), Pupuk Sriwidjaja Palembang (1250 pohon), Pupuk Kujang Cikampek (1000 pohon), Petrokimia Gresik (1250 pohon), Pupuk Kaltim (1600 pohon), dan Pupuk Indonesia (1900 pohon). 

Selain melibatkan karyawan dan masyarakat, penanaman pohon di Karawang juga dilakukan bersama Perkumpulan Istri Karyawan Pupuk Kujang (PIKA PKC) dan sejumlah komunutas pecinta lingkungan.

BACA JUGA:Sinarmas Land Hadirkan The Kaia, Jadi Kawasan Premium dan Ekslusif di Grand Wisata

BACA JUGA:Kerusakan Akibat Gempabumi M 6,5 Garut Bertambah, 110 Bangunan di Jabar Rusak Terdampak Gempa

Kegiatan itu juga dibantu oleh Satgas Citarum Harum Sektor 19 yang memiliki wilayah kerja sepanjang 57 km Sungai Citarum di 10 kecamatan, dan 76 desa. 

"Penanaman pohon ini, selain untuk penghijauan juga menjadi komitmen perusahaan mencegah banjir, longsor dan erosi di bantaran Sungai Citarum," kata SVP Sumber Daya Manusia, Pupuk Kujang, Yusman Arullah, Minggu, 28 April 2024. 

Yusman menuturkan, sebagai perusahaan yang peduli pada lingkungan, Pupuk Kujang terus melakukan penanaman pohon secara rutin. 

Selain agenda rutin seperti hari lingkungan hidup, hari menanam pohon sedunia, Pupuk Kujang juga rutin menyelipkan agenda penanaman pohon di berbagai kegiatan perusahaan. 

"Karena Pupuk Kujang fokus pada lingkungan dan terus berkontribusi mewujudkan net zero emission," kata Yusman. 

BACA JUGA:Gempa M 6,5 Garut, Sejumlah Rumah-Sekolah di KBB dan Cimahi Rusak

BACA JUGA:Inilah Alasan Kadishub Kabupaten Bekasi Yana Suyatna Daftar Bakal Calon Bupati Karawang

Dalam acara penanaman pohon ini, berbagai aneka jenis pohon buah ditanam bersama masyarakat. Di antaranya, ada kawista, matoa, alpukat, mangga, durian, jengkol hingga petai. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: