Langkah Strategis Pemkab Purwakarta agar Semakin Banyak Komoditas Unggulan Pertanian Mendunia

Langkah Strategis Pemkab Purwakarta agar Semakin Banyak Komoditas Unggulan Pertanian Mendunia

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta kembali melakukan sejumlah langkah strategis untuk meningkatkan standar kualitas dan kuantitas produksi Manggis sebagai salah satu komoditas utama hasil pertanian Purwakarta.--karawangbekasi.disway.id

BACA JUGA:Gerakan Bersama SiJuMo-JAMILLAH, Upaya Pemkab Purwakarta Tekan Stunting, DBD dan TBC

Artinya, sambung Midan, langkah registrasi dan sertifikasi juga dilakukan untuk menciptakan standarisasi bagi kualitas komoditas Manggis. Di mana aaat ini, standar Manggis yang memiliki kualitas tinggi adalah varietas Manggis Wanayasa.

Varietas Manggis Wanayasa sendiri sudah diakui oleh Kementerian Pertanian RI sebagai buah Manggis yang kualitasnya berstandar tinggi. Penetapan itu dilakukan melalui Surat Keputusan Menteri Pertanian (Kepmentan) No. 571/Kpts/SR.120/9/2006.

Berdasarkan keputusan Kementerian Pertanian itu, varietas Manggis Wanayasa memiliki ciri-ciri yakni buah berbentuk bulat, warna kulit buah merah keunguan, daging buah berwarna putih susu, rasa buah manis segar, saat panen tangkai atau kelopak buah berwarna hijau segar, buah memiliki daya simpan yang lama dan tanaman Manggis Wanayasa dapat beradaptasi dengan baik di dataran tinggi.

"Dengan standar yang ditetapkan Kementerian Pertanian itu, varietas Manggis Wanayasa memiliki kualitas buah yang sangat baik dan memenuhi standar ekspor ke pasar internasional," tukas dia.

BACA JUGA:Motor Listrik Honda EM1 e dan EM1 e Plus Hadir di AEON Mall Deltamas

Demikian pentingnya langkah registrasi dan sertifikasi itu telah dilaporkan ke Penjabat Bupati, Benni Irwan dan Sekda Norman Nugraha.

Seperti diutarakan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Purwakarta Rudi Hartono. Kata dia, langkah strategis yang dilaksanakan Dispangtan tersebut mendapatkan perhatian dan dukungan penuh dari Bapak Pj Bupati Benni Irwan.

"Beliau meminta agar langkah itu mampu menghasilkan komoditas pertanian yang menjadi unggulan secara nasional," ucapnya.

Menurut Rudi, kesuksesan menjadikan Manggis sebagai komoditas unggulan sebaiknya menjadi inspirasi untuk menghasilkan komoditas unggulan lainnya.

BACA JUGA:Karawang Resmi Miliki Cabor Pickleball, IPF Jabar Harap Lahir Atlet-Atlet Berkualitas

"Bapak Pj Bupati sangat optimis akan banyak dihasilkan komoditas unggulan lainnya. Dengan kerja keras jajaran Dispangtan dan dinas terkait lainnya, akan semakin banyak komoditas pertanian Purwakarta menjadi komoditas unggulan dan mampu menembus pasar nasional dan internasional," pungkas Rudi. (yud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: