Longsor di Bojongmangu Kian Parah, Pj Bupati Bekasi Pastikan Penangan Cepat

Longsor di Bojongmangu Kian Parah, Pj Bupati Bekasi Pastikan Penangan Cepat

Penjabat Bupati Bekasi, Dani Ramdan meninjau lokasi longsor di Desa Sukamukti, Kecamatan Bojongmangu, Kabupaten Bekasi.--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Penjabat Bupati Bekasi, Dani Ramdan meninjau lokasi longsor di Desa Sukamukti, Kecamatan Bojongmangu, Kabupaten Bekasi.

Kedatangan pj Bupati ke lokasi didampingi beberapa stekholder terkait, Jum'at (15/3).

Dani mengatakan, kejadian longsor di Bojongmangu ini sudah diantisipasi oleh dinas terkait meski sebelumnya ada titik di bagian selatan Bojongmangu terjadi longsor yang mengakibatkan jalan utama ambles dan kini merembet ke Bojongmangu bagian utara ini.

" Hanya antisipasi atau penangan yang kita lakukan itu kalah cepat dengan kondisi pergerakan tanah yang lebih masif karena memang sekarang kita sedang berada di puncak musim hujan," kata Dani kepada awak media, Jum'at (15/3).

BACA JUGA:Kecamatan Cikarang Selatan Awali Safari Ramadhan 1445 Hijriyah di Desa Serang

" Namun demikian prinsip-prinsip yang kita arahkan sudah dijalankan, pertama penyelamatan nyawa alhamdulillah sampai saat ini tidak ada korban jiwa walaupun kondisi seperti ini," sambung Dani.

Dani juga mengupayakan agar transportasi tidak boleh terputus walaupun kondisi jalannya terus mengalami kerusakan tetapi bisa segera ditangani secara darurat sehingga lalulintas tetap berjalan. 

"Ketiga air bersih PDAM, energi listrik karena yang terdampak bukan hanya titik longsor saja tetapi ke yang lainnya termasuk listrik," ujarnya.

Kemudian langkah selanjutnya adalah rehabilitasi dan rekonstruksi baik rehabilitasi bangunan maupun lahan. 

BACA JUGA:Disperindag Monitoring Legalisasi dan Pelaporan Penyaluran Pupuk Bersubsidi ke Setiap Distrubutor

Tetapi bangunannya bisa ditindaklanjuti kalau lahannya sudah ditangani dengan benar dan sudah mendapatkan rekomendasi dari badan geologi yaitu penguatan lereng, sistem drainasenya, pegetasi dan semua itu dalam tahap pengerjaan dibantu oleh pihak Deltamas.

" Yang lebih segera lagi adalah kondisi rumah. nah ini ada aturan-aturan yang memang sudah bisa kita terapkan melalui bantuan Belanja Tidak Terduga (BTT) kita untuk permukiman," ujarnya.

Meski begitu, Dani bilang pihaknya akan mengkonsultasikan terlebih dahulu, sebab bangunan yang terdampak longsor ini adalah rata-rata ruko, warung tempat usaha.

BACA JUGA:Nonton Dungeon Meshi Episode 11 Subtitle Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: cikarang ekspress