Rekomendasi 7 Makanan Yang Sehat dan Mengenyangkan Untuk Lansia yang Punya Gigi Ompong

Rekomendasi 7 Makanan Yang Sehat dan Mengenyangkan Untuk Lansia yang Punya Gigi Ompong

Makanan yang Disukai Lansia Ompong-Makanan yang Disukai Lansia Ompong-

 

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Kebanyakan orang tua, terutama lansia, kebanyakan mengalami kondisi mulut dan gigi yang sudah tidak sempurna lagi alias ompong. Proses penuaan menyebabkan banyak gigi harus copot, sehingga kondisi gigi ompong seringkali menyulitkan lansia untuk mengonsumsi makanan. Padahal, mereka tetap harus mendapatkan asupan makanan bergizi setiap hari untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyakit.

Salah satu masalah medis yang sering dialami lansia adalah malnutrisi atau kurangnya asupan nutrisi. Kondisi ini sering disebabkan oleh penurunan fungsi organ tubuh serta masalah gigi dan mulut. Akibatnya, banyak lansia yang enggan atau malas makan. Kalaupun mereka makan, biasanya tidak terlalu lahap dan hanya mengonsumsi sedikit makanan.

Makanan yang Disukai Lansia Ompong

Sebagai anak atau tenaga kesehatan seperti perawat lansia, penting untuk mengetahui makanan yang disukai oleh lansia, terutama mereka yang ompong agar tetap mendapatkan nutrisi. Berikut beberapa menu makanan yang bisa diberikan kepada lansia yang mempunyai gigi ompong:

1.       Bubur

Bubur adalah pilihan yang baik untuk lansia ompong karena teksturnya yang lembut, mudah dikunyah, dan ditelan. Ada berbagai jenis bubur yang bisa dikonsumsi, seperti bubur ayam, bubur Manado, bubur sumsum, bubur sagu, bubur manggul, dan bubur kampiun. Semua jenis bubur ini bisa dibeli atau dibuat sendiri di rumah.

2.       Sop

Sop sangat cocok dikonsumsi oleh lansia, baik yang sedang sakit maupun sehat, terutama untuk sarapan pagi. Beberapa jenis sop yang bisa diberikan antara lain sop ayam, sop telur puyuh, sop sayur, sop oyong soun, sop kimlo, sop gambas, sop iga sapi, dan sop ikan.

3.       Oatmeal

Oatmeal sering dijadikan makanan sehat karena teksturnya yang lembut, kaya serat, dan rendah gula, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh lansia. Oatmeal bisa dicampur dengan berbagai bahan lain, seperti buah-buahan atau sayuran, untuk menambah nilai gizi.

BACA JUGA:Amalan Ini Dapat Menambah Pahala Idul Adha mu lho, Berikut Penjelasannya!

4.       Makanan Pengganti Cairan

Jika lansia tidak memungkinkan untuk mengunyah makanan, makanan pengganti yang berbentuk cair bisa menjadi solusi. Ada banyak produk makanan bernutrisi sebagai pengganti makanan padat, seperti susu pengganti makanan. Perlu diingat, meskipun bentuknya mirip susu, produk ini bukan susu biasa. Makanan cair ini biasanya diberikan kepada lansia atau orang yang menggunakan alat bantu makan seperti NGT.

5.       Minuman Jus atau Susu

Selain makanan, lansia juga bisa diberikan minuman seperti jus buah atau sayur, serta susu. Jika lansia memiliki kondisi medis tertentu, misalnya hipertensi, jus penurun tekanan darah tinggi bisa menjadi pilihan. Untuk lansia yang mengalami osteoporosis, susu khusus untuk tulang dan gigi dapat diberikan.

6.       Greek Yogurt

Greek yogurt, dengan teksturnya yang super kental dan mudah ditelan, juga menjadi pilihan makanan yang baik untuk lansia ompong. Greek yogurt memiliki kandungan protein dan kalsium yang lebih tinggi dibandingkan yogurt jenis lain, memberikan perlindungan ekstra bagi lansia yang mengalami pengeroposan tulang. Jika tidak menyukai rasa Greek yogurt, bisa dicampur dalam smoothie.

7.       Smoothie

Mengonsumsi sayur dan buah sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, lansia yang ompong mungkin kesulitan mengunyah buah dan sayuran. Solusinya, buatlah smoothie dari sayur dan buah, seperti bayam, apel, dan pisang. Dengan demikian, lansia tetap mendapatkan nutrisi yang cukup dan sistem pencernaan pun tetap sehat.

Itulah beberapa jenis makanan dan minuman yang mudah dikonsumsi oleh lansia ompong yang tetap kaya gizi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: