Operasi Zebra di Kota Bekasi Dimulai, Ini 15 Sasaran Pelanggaran

Operasi Zebra di Kota Bekasi Dimulai, Ini 15 Sasaran Pelanggaran

Wakapolres Metro Bekasi Kota AKBP Dany Aryanda usai menyampai amanat Kapolda Metro Jaya pada Apel sebelum dimulai operasi Zebra 2023. Senin 18 September 2023--

KARAWBEKASI.DISWAY.ID - Ditlantas Polda Metro Jaya menggelar Operasi Zebra Jaya 2023 mulai hari ini, Senin 18 September 2023 hingga 1 Oktober 2023.

Operasi ini diberi tagline "Kamseltibcar Lalu Lintas yang Kondusif menuju Pemilu Damai 2024"

Polres Metro Bekasi Kota bersama dengan unsur TNI dan Pemerintah menggelar apel gelar pasukan Operasi Zebra Jaya 2023 di halaman Mapolres Metro Bekasi Kota, Jl. Pangeran Jayakarta, kecamatan Medan Satria pada Senin (18/09/23).

BACA JUGA:Mengenal Raden Kebluk, Makam Keramat di Antara TPA Sumur Batu dan Bantargebang yang Terlupakan

Apel dipimpin langsung Wakapolres Metro Bekasi Kota AKBP Dany Aryanda saat membacakan amanat Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto menjelaskan bahwa operasi Zebra 2023 melibatkan 2.939 personil terdiri dari 1. 349 satgas daerah dan 1.590 satgas res.

“Operasi ini yang akan dilaksanakan selama 14 hari pada tanggal 18 September sampai dengan 1 0ktober 2023 mendatang,” kata AKBP Dany saat membacakan amanat Kapolda Metro Jaya.

BACA JUGA:Perwakilan Parpol di Kota Bekasi Tandatangani Deklarasi Pemilu Damai 2024

Operasi Zebra Jaya 2023 kali ini memiliki 3 tujuan utama, yaitu meningkatnya kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalulintas, menurunkan angka kecelakaan dan terciptanya kamsertibcarlantas.

“Untuk itu laksanakan operasi ini dengan sungguh-sungguh sehingga tujuan dari operasi ini segera tercapai,” imbuhnya.

BACA JUGA:Forkim Sebut Pj Wali Kota Bekasi Pengganti Tri Bersiap Terima Masalah Terkait Pengurangan Gaji TKK

Menyikapi permasalahan kecelakaan lalulintas di wilayah hukum Polda Metro Jaya, berdasarkan periode Januari sampai Agustus 2023, bahwa telah terjadi 8.254 kasus kecelakaan dan 443 orang diantaranya meninggal dunia.

Hal ini berarti jumlah angka kecelakaan meningkat kurang lebih 43 persen jika dibandingkan jumlah kejadian pada periode Januari hingga Agustus dimana terjadi 6.707 kasus dan menyebabkan 452 orang meninggal dunia.

BACA JUGA:Demokrat Resmi Bergabung Koalisi Indonesia Maju

“Oleh karena itu, saya harap melalui operasi zebra 2023 ini kita dapat mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kecelakaan lalulintas sehingga dapat dilakukan pencegahan dengan 14 hari,” imbuhnya.

Selain itu, menyikapi kualitas udara Jakarta yang kurang baik saat ini, Kapolda meminta jajarannya setiap petugas lapangan agar menggunakan masker.

Juga dilakukan sosialisasi dan uji emisi agar dapat mendorong masyarakat untuk dapat merawat kondisi kendaraan dengan mesin yang terawat maka tidak berdampak negatif pada kualitas udara.

BACA JUGA:Tinjau Infrastruktur di Bogor, Menteri PUPR Pastikan 15 Jalan di Jabar Selesai Desember

Hal ini juga dapat meningkatkan keamanan masyarakat dalam berkendara dan jika melakukan penindakan hukum, lakukanlah dengan humanis, jujur dan adil.

“Saya berpesan kepada seluruh personil yang terlibat operasi zebra 2023, bahwa kehadiran saudara di jalan raya sangat diharapkan oleh masyarakat,” kata Kapolda dalam amanat yang dibacakan Wakapolres AKBP Dany Aryanda.

“Oleh karena itu tidak ada kata bosan dan lelah untuk melayani masyarakat, jadikan pekerjaan ini sebagai ladang ibadah dengan tulus dan ikhlas,” tukasnya.

BACA JUGA:Pencemaran Sungai Cileungsi Makin Parah, Bupati Bogor Belum Respon Undangan Terbuka KP2C

Sementara itu, KBO Satlantas Polres Metro Bekasi Kota Iptu Devi Sumardiono menjelaskan ada beberapa titik operasi yaitu jalan A. Yani Bekasi Selatan, Hasibuan dan Sersan Aswan.

Adapun sasaran operasi ialah pengendara sepeda motor yang tidak memakai helm, melawan arus, berbonceng sepeda motor lebih dari dua orang, membawa kendaraan sambil mabuk.

“Kita adakan teguran, sifatnya teguran edukasi, namun nanti ketika ada pelanggaran oleh pengendara, tetap kita akan lakukan penegakan berupa peneguran secara humanis,” katanya.

BACA JUGA:WADUH...Mahasiswa Sebut OPD Pemkot Bekasi 'Dipalak' untuk Acara Malam Bahagia Nganten

Sedangkan untuk uji emisi, Satlantas Polres Metro Bekasi Kota telah melaksanakan sejak 13,14, 15 September telah dilakukan uji emisi di Halaman parkir Dinas Kesehatan dan tanggal 18 akan ada di Stadion dan alun-alun Hasibuan Kota Bekasi.

Apel dihadiri para personil Polres Metro Bekasi Kota, Kodim 0507/Bekasi, Sub Denpom II, Satpol PP Kota Bekasi dan Dinas Perhubungan Kota Bekasi.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: