Makin Kuat di Pilpres 2024, Prabowo-Gibran Dapat Dukungan dari Multietnis di Pesta Demokrasi

Makin Kuat di Pilpres 2024, Prabowo-Gibran Dapat Dukungan dari Multietnis di Pesta Demokrasi

Pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden nomor urut dua yakni Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka semakin kuat di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Hal ini lantaran Prabowo-Gibran mendapatkan dukungan dari multietnis di pesta demokrasi--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.IDPasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden nomor urut dua yakni Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka semakin kuat di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Hal ini lantaran Prabowo-Gibran mendapatkan dukungan dari multietnis di pesta demokrasi.

Temuan survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA periode 17–23 Desember 2023 mendapati bahwa pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka berada di posisi teratas dengan elektabilitas mencapai 43,3 persen, Prabowo-Gibran juga berhasil meraup dukungan tertinggi dari beragam etnis di Indonesia. Di antaranya Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Madura, dan Batak.

“Etnis Jawa populasi paling besar dengan basis 41,2 persen, dukungan terbagi di antara 2 pasangan capres, Prabowo-Gibran unggul dengan 39,0 persen di pemilih Jawa, sedangkan Ganjar-Mahfud 35,3 persen,”kata Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby dalam keterangannya, Minggu (31/12/2023).

Kemudian, Prabowo-Gibran juga mengantongi keunggulan tinggi dietnis Sunda. Dengan basis 14,7 persen, Prabowo-Gibran unggul jauh dari pasangan Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) AniesBaswedan-Muhaimin Iskandar dan duet koalisi PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

BACA JUGA:Hasil Survei IPN : Masyarakat Yakin Prabowo-Gibran Bisa Merealisasikan Program Konkret Pro Rakyat

“Sementara di pemilih Sunda dengan basis 14,7 persen, mayoritas pemilih Prabowo-Gibran memberikan dukungan sebesar 45,5 persen, Anies 38,3 persen,” tuturnya.

Dukungan masif yang diterima Prabowo-Gibran itu juga tidak terlepas dari program pro rakyat yang kerap digaungkannya. Prabowo dinilai sebagai pemimpin yang bisa mempersatukan semua kalangan dan juga agama.

Takhanyaitu, Prabowo-Gibran bertekad untuk memastikan kerukunan antarumat beragama, kebebasan beribadah  dan perawatan rumah ibadah. Kemudian, pasangan militer-sipil itu juga berkomitmen untuk melestarikan seni budaya, peningkatan ekonomi kreatif serta prestasi olahraga.

Karenanya secara keseluruhan, selain etnis Jawa dan Sunda, Prabowo-Gibran mendapatkan dukungan dari etnis Melayu dengan 46,4 persen. Disusul, etnis Bugis dan Madura dengan masing-masing dukungan 75,7 persen dan 45,4 persen.

BACA JUGA:Bersiaga di Sejumlah Lokasi Wisata, BNPB Upayakan Wisata Aman Bencana Saat Libur Nataru

Lalu, Prabowo-Gibran juga meraih dukungan yang tinggi dari etnis Batak dengan 61,6 persen. Oleh karena itu, keunggulan Prabowo-Gibran di berbagai etnis besar di Indonesia, menjadi sinyal positif kemenangan bagi pasangan tersebut di Pilpres 2024.

“Didua suku terbesar (Jawa dan Sunda), Prabowo-Gibran yang unggul,”pungkasnya. (ygi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: