Hasil Survei LSI : Cellica Kalahkan Vera Ambil Tiket Senayan, Demokrat Bisa Dua Kursi Asalkan Kejar Ini...

Hasil Survei LSI : Cellica Kalahkan Vera Ambil Tiket Senayan, Demokrat Bisa Dua Kursi Asalkan Kejar Ini...

Rebutan kursi DPR RI Partai Demokart Dapil Jabar 7 -Karawang Bekasi Ekspres-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Calon Legislatif (Caleg) DPR RI Dapil Jawa Barat VII dari Partai Demokrat, Cellica Nurrachadiana ungguli petahana Vera Febyanthy dalam analisis hasil survei terbaru dari Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA yang dirilis pada Senin, 29 Januari 2024.

Survei terbaru dari LSI Denny JA ini dilakukan pada tanggal 12 – 22 Januari 2024, tentang preferensi pemilih di Dapil Jawa Barat VII terhadap para calon anggota DPR RI dan pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Survei tersebut menggunakan metode standar Multistage Random Sampling melalui wawancara tatap muka menggunakan kuesioner dengan jumlah responden 600 dan margin of error 4,1%.

Direktur Eksekutif Citra Komunikasi LSI Denny JA, Toto Izul Fatah menuturkan, estimasi perolehan suara dari hasil survey yang telah dilakukan, Partai Demokrat menduduki posisi urutan ke-6 dengan
presentase 5,50% dan Gerindra diurutan pertama dengan presentase 42,2%.

BACA JUGA:Pesta Demokrasi Sebentar Lagi, Desa Tanjung Sari Gelar Deklarasi Pemilu Damai 2024

“Jika estimasi hitungan suara sah tanpa swing voters, Demokrat memperoleh presentasi suara 6,22 persen,” ujar Toto pada Senin, 29 Januari 2024.

Sementara berdasarkan  simulasi perolehan kursi 2024 dengan menggunakan Metode Sainte Lague, Partai Demokrat diprediksi hanya bisa mempertahankan perolehan satu kursi untuk DPR RI.

“Dari hasil simulasi kami, diestimasi jumlah perolehan kursi yang akan didapatkan Partai Demokrat hanya satu kursi. Dari hasil dinamika elektabilitas partai pun, perolehan kursi Partai Demokrat hanya satu kursi. Berbeda dengan Gerindra yang berpotensi bisa memperoleh empat kursi,” kata Toto.

Ia menjelaskan, menurut hasil analisis kualitatif, Caleg DPR RI Dapil Jawa Barat VII, Cellica Nurrachadiana merupakan sosok yang sudah sangat dikenal dan dianggap cukup berhasil sebagai Bupati di Kabupaten Karawang.

BACA JUGA:Hasil Survei LSI : Cellica Kalahkan Vera Ambil Tiket Senayan, Demokrat Bisa Dua Kursi Asalkan Kejar Ini...

“Faktor-faktor ini, tentu harus menjadi PR besar untuk kompetitornya termasuk incumbent. Yang bisa jadi karena terlena dengan posisi incumbentnya. Kemudiandia lupa kalau lawannya punya popularitas dan elektabilitas yang tinggi,” tutur Toto.

Toto menambahkan Cellica Nuracahadiana pin punya potensi untuk mengalahkan incumbent dan mengambil satu kursi dari Dapil Jawa Barat VII.

“Ini berdasarkan hitungan Metode Sainte Lague simulasi based on research kami. Saya kira, ini harus menjadi pertanyaan dan bahan evaluasi incumbent. Kenapa bisa disalip oleh Cellica atau kenapa satu kursi. Satu kursi ini sangat potensial diambil oleh Cellica,” papar dia.

Menurutnya, baik di Pilkada maupun di Pileg, para calon atau kandidat harus bisa memenuhi tuntutan hukum besi, yaitu pertama dikenal dan kedua disukai publik. Apabila tuntutan hukum besi ini dapat tercapai, kata dia, biasanya calon atau kandidat tersebut sangat potensial untuk dipilih.

"Semakin dikenal, semakin punya potensi dipilih, apabila disukai. Idealnya, tingkat pengenalannya berbanding lurus dengan tingkat kesukaan. Mengenai figur-figur yang memenuhi tuntutan besi pertama ini, kalau kitablihat di Dapil Jabar VII, sudah ada yang pasti terlihat sangat fenomenal, yaitu Dedi Mulyadi,"terangnya.

BACA JUGA:Berapa Sih Sebenarnya Uang Saku Bimtek KPPS Pemilu 2024? Segini Besarannya...

Toto mengingatkan, semua partai politik maupun para caleg harus tetap berjuang di akhir-akhir tahapan masa kampanye yang akan segera berakhir ini.

Ia juga menyebut, pada peta kekuatan pemilih, masih ada 27,5% suara yang belum memutuskan dan masih ragu-ragu dalam menentukan pilihan.  “Semua parpol masih berpeluang untuk menambah suara. Seperti Partai Demokrat, jika memiliki target lebih dari katu kursi, maka tinggal bagaimana agar itu bisa terwujud, tentu sekali lagi, hukum-hukum besinya itu diikuti serta bisa pula dengan program-program yang luar biasa,” pungkas Toto. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: